Kamis, 05 Juli 2012

Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1


Ragam Kebudayaan Daerah
Tahukah kamu maksud ungkapan Bhinneka Tunggal Ika yang terdapat dalam simbol atau lambing negara Indonesia? Bhinneka Tunggal Ika berarti berbeda-beda, tetapi satu tujuan. Inilah pedoman yang harus kamu praktikkan dalam kehidupan seharihari.
A.           Mari, Menjelaskan Simbol Daerah
Dalam keseharian, kamu akan selalu menemukan simbol. Misalnya, simbol lalu lintas. Jika tidak tahu penjelasan simbol lalu lintas tersebut, kamu akan melanggar peraturan lalu lintas dan Pak Polisi akan memberi hukuman. Agar cepat memahami penjelasan simbol, pendengaran kita harus sering dilatih. Begitu pula kecepatan mencatat arti simbol yang diperdengarkan itu. Salah seorang temanmu akan menjelaskan symbol daerah berikut. Dengarkanlah penjelasan kawanmu itu baik-baik.

Perhatikan gambar diatas. Gambar tersebut merupakan simbol Provinsi Jawa Barat. Berikut ini adalah arti symbol tersebut.
1.      Kujang adalah senjata tradisional Jawa Barat. Gambar kujang bermakna agar orang senantiasa dapat menjaga diri dan selalu waspada.
2.       Padi melambangkan pangan atau makanan pokok penduduk Jawa Barat. Padi yang berjumlah 17 melambangkan tanggal kemerdekaan negara Indonesia.
3.      Kapas melambangkan sandang dengan kapas berjumlah delapan yang melambangkan bulan Proklamasi Kemerdekaan RI.
4.      Gunung menggambarkan wilayah Jawa Barat yang bergunung - gunung.
5.       Sungai dan Terusan melambangkan tersebarnya sawah dan perkebunan di Jawa Barat.
6.      Dam, Saluran Air, dan Bendungan melambangkan bidang irigasi menjadi usaha pokok Jawa Barat dalam mengembangkan lahan pertanian.
7.      Warna dasar hijau melambangkan tanah Jawa Barat.
B.            Mari, Menjelaskan Petunjuk Petunjuk Penggunaan
Ketika ban sepeda kurang angin, kamu pasti kesal sebab tidak dapat mengendarainya. Bagaimana agar ban sepeda itu terisi angin? Salah seorang kawanmu menunjukkan sebuah cerita tentang petunjuk penggunaan pompa, kemudian menjelaskannya untuk kamu. Dalam setiap kali kamu berbicara atau menjelaskan sesuatu, tentu kamu ingin agar apa yang kamu bicarakan itu jelas dan menarik bagi pendengar. Oleh karena itu, kamu harus memilih perkataan, istilah, dan kalimat yang paling baik dan sesuai dengan apa yang hendak kamu sampaikan. Salah seorang kawanmu menunjukkan cerita tentang petunjuk pengunaan pompa angin, kemudian menjelaskannya untukmu.

Ayo, Berlatih
1. Perhatikanlah pembicaraan Anton dan Dodi
berikut.
Anton            : ”Di, tahukah kamu benda yang kumaksud ini?”
Dodi              : ”Ceritakan dulu dong, petunjuknya.”
Anton                : ”Masukkan salah satu ujung alat ini ke dalam gelas minuman. Letakkan kedua bibirmu pada ujung lain alat itu. Kemudian, isaplah minuman itu melalui ujung alat yang kamu isap itu.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar